Cara Inking di Photoshop

[TUTORIAL] How to Inking [PhotoshopCS3]

Sebelum mulai untuk mewarnain, ada sebuah proses yang nggak boleh kamu lupakan! Namanya PENINTAAN atau INKING. dimana kamu harus menebali garis garis yang sampai lebaran onta juga nggak bakalan kebaca (entah di masa depan mah)

oke berikut caranya :D

1. Lebih baik mengambil gambar dan men-scan gambarmu yang berbentuk sketsa. Yang tidak punya scanner bisa di foto dulu lewat handphone atau kamera.
2. Nah, setelah itu. Kamu dapatkan hasilnya dibuka di Photoshop CS3.


3. mulailah dengan dua layer baru. Berinama "white layer" dan "inking layer".
White Layer di penuhi dengan warna putih. (sampai gambarnya emang kayak di hapus) Ganti Opacity--lihat gambar--menjadi lebih pas. Munkin 41% cocok ya? Dan biarkan Inking layernya tetap menjadi seperti itu. Tetap transparan.

4. Klik Layer Inking> klik Pen Tool. Terus yakinkan pilihan udah "path" sama "pen" di bagian atasnya. Kamu garisi sesuai dengan gambar.
Lalu klik kanan mouse > Stroke Path > pilih "brush" (kamu dapat memilih, ukuran jika menggunakan brush. Ketebalannya di option brush). Kalau sudah selesai bisa klik kanan mouse>delete Path
Hasil akhirnya
5. Terus melakukan itu, sampai gambarnya penuh dengan inking. Garis2 nya jangan terlewat ya! Nanti hasil akhirnya akan menjadi seperti ini :
6. Udah selesai ingking, perjuangan kamu belum selesai. Masih ada step step akhir. Kamu harus memenuhi kembali white layernya.
Hasilnya akan menjadi seperti ini...

Sampai Disini deh untuk inking \^o^/ Oh ya, ada selain cara untuk mewarnain mata, (taulah mata itu kan tebel, gak mungkin diukur sama "Brush" ;)

1. Pasti kalian lihat ada garis yang tidak selaras (cie tidak selaras) dengan garis pinsil yang Mazu buat. Yups, itu adalah garis yang dibuat oleh PEN TOOL. Memangnya ada kegunaan selain Stroke Path? Yups, yakni Fill Path. Kalian buat dulu garis di pingirnya. Benar benar pinggir, jangan di tengah garis!
2. Klik kanan mouse>Fill Path>Foreground Color>Oke lalu terisilah :D Seperti biasa klik Delete Path ya XD
=================================
Yups, thanks semua yang udah baca. Semoga dapat membantu *walau hanya sedikit*. Ini tutorial yang khusus PCS3. Untuk Sai... (mikir dulu) Sai aku habis priode waktu nya... jadi... yah... make Photoshop dulu aja dah =w=

0 comments:

Post a Comment